PT Bhuana Ilmu Populer (BIP) semula adalah perusahaan keluarga yang bergerak dalam bidang penerbitan buku bacaan. Tahun 1992, perusahaan ini bergabung ke  PT Gramedia Asri Media dan PT Elex Media Komputindo. Awalnya, perusahaan ini bergerak di bidang penerbitan buku-buku klasik Tiongkok seperti Sam Kok, Shui Hu Chan, Impian di Bilik Merah, Petualangan Kera Sakti (Sun Go Kong), dan lain-lain. Kini, BIP berkembang dengan menambah ketegori buku baru seperti buku anak-anak, kesehatan, bisnis, manajemen, psikologi, bahasa, dan fiksi juga mengembangkan bisnis menjadi distributor buku dari penerbit lokal.

 

BIP berkantor pertama kali di Jl. Matraman Raya No. 46 dan sejak tahun 1993 pindah ke ruko di Jl. Kebahagiaan No. 11A, Jakarta (depan Gedung Perintis Kompas Gramedia). Awal beroperasinya, BIP memasarkan buku klasik Tiongkok dan bekerja sama dengan penerbitan PT Elex Media. Beberapa judul buku terbitan Elex Media khusus dipasarkan oleh BIP dan selanjutnya juga memasarkan buku terbitan penerbit lain (dalam hal ini BIP bertindak sebagai distributor).

Pada tahun 1998, BIP mulai menerbitkan buku sendiri, diawali dengan buku-buku prasekolah dan buku TK yang ditulis oleh Alf. Yogi S., berjudul Buku Mewarnai Sambil Mengenal Bahasa Inggris. Judul-judul baru pun terbit, seperti Colouring Book for 2 years to 5 years olds. Selain penulis intern, BIP juga bekerja sama dengan penulis luar. Hingga sekarang, sudah lebih dari 1.000 buku anak yang diterbitkan BIP.

Tahun 2002, dengan menggandeng penerbit-penerbit dari luar negeri (Amerika, Eropa, Australia, dan Asia), BIP mulai menerbitkan buku terjemahan. Chocolate for the teen’s soul sebagai judul pertamanya ternyata mendapat sambutan cukup baik di pasaran. Ratusan judul baru kemudian diterbitkan setiap tahunnya dengan komposisi 80%-nya adalah buku terjemahan.

Tahun berikutnya, BIP mulai menjajaki aktivitas impor yang diawali dengan satu penerbit dari India. Kini BIP telah secara rutin mengimpor buku aktivitas anak dari beberapa supplier di India dan buku-buku tersebut mendapat respons sangat positif dari pasar.

BIP juga telah mengembangkan dua logo imprint Qibla dan Genta yang bertujuan untuk diferensiasi pasar. Logo BIP kini lebih diperuntukkan bagi buku-buku umum dan anak, sementara logo Qibla diperuntukan bagi buku Muslim dan logo Genta bagi buku Nasrani.

Pada tahun-tahun selanjutnya, BIP mengembangkan kantor cabang di beberapa kota seperti Surabaya (untuk wilayah Indonesia Timur), Yogyakarta (untuk wilayah Jateng & DIY), dan Bandung (untuk wilayah Jawa Barat). BIP juga mempunyai rencana untuk mengembangkan kantor cabang ini ke kota-kota lain dengan tujuan untuk mempermudah pendistribusian serta pemantauan perbukuan di daerah.

Dengan mengusung motto Passion for Knowledge, BIP berkomitmen menyemarakkan dunia baca di Indonesia dengan buku-buku bermutu demi mencerdaskan generasi bangsa mendatang.


Copyright © 2013 - Kompas Gramedia - All rights reserved

Privacy Policy - Term of Use - About Us - Contact