13 April-17 April 2011
Kompas Gramedia Fair 2011 (Surabaya)

‘Kompas Gramedia Fair’

Fasilitasi Minat Baca Masyarakat Surabaya

 

Surabaya, 13 April 2011

Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Tidak ada negara yang akan maju tanpa tanpa buku  karena buku merupakan salah satu sumber informasi. Indonesia memang tidak dikenal dengan kebiasaan membaca. Hasil penelitian Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) bahwa dari 52 negara di kawasan Asia Timur, Indonesia menempati urutan terbawah dalam hal budaya membaca. Ditambah lagi hasil survey UNDP pada tahun 2002 yang menyatakan bahwa 34.5% penduduk Indonesia masih buta huruf. Namun, dibalik rekor yang buruk ini, tidak menyurutkan minat baca masyarakat yang besar.

Setelah sukses memfasilitasi minat baca puluhan ribu warga Jakarta Maret lalu, Kompas Gramedia Fair tiba di Kota Pahlawan, Surabaya. Bertempat di Gramedia Expo, Kompas Gramedia Fair berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Dengan kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, yang dalam jangka panjang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, khususnya di Surabaya.

Mengusung tema ‘Kekuatan Buku’ dan semangat berbagi, Kompas Gramedia Fair memfasilitasi masyarakat untuk menggali lebih dalam potensi yang ada didalam diri setiap orang dalam berkreasi melalui buku. Melalui program ‘Buku untuk Semua’ Dana Kemanusiaan Kompas, Kompas Gramedia Fair juga menyumbangkan buku-buku terbitannya kepada Taman Bacaan di Surabaya dan sekitarnya.

Kompas Gramedia Fair Surabaya juga akan dimeriahkan oleh kehadiran Adi W Gunawan, Machiko Sensie, Hary Suwanda, Piyu, Becky Tumewu serta banyak lagi penulis yang akan membagi pengalaman untuk menginspirasi warga Surabaya melalui buku mereka. “Setiap orang berhak mendapatkan akses terhadap informasi yang mereka ingin kan dan perlukan. Kegiatan seperti Kompas Gramedia Fair ini memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh informasi yang berguna bagi mereka,” tegas Nugroho F. Yudho selaku GM Public Relation Kompas Gramedia.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2004, Kompas Gramedia Fair telah digelar sebanyak 30 kali di berbagai kota di Indonesia untuk memberikan kemudahan mengakses buku bagi masyarakat. Setelah Jakarta dan Surabaya, Kompas Gramedia Fair akan berlanjut ke Semarang, Medan serta Bandung untuk membuka jendela informasi kepada masyarakat melalui buku.





News Release
BALI NUSA DUA HOTEL
PERESMIAN BALI NUSA DUA HOTEL
indonesia satuKOMPAS TV Luncurkan Program “Hitung Cepat Kompas” dan “DPR”
KOMPAS TV Luncurkan Program “Hitung Cepat Kompas” dan “DPR”
KG penghargaanPenghargaan Kompas Gramedia sepanjang tahun 2013
Penghargaan Kompas Gramedia sepanjang tahun 2013

Copyright © 2013 - Kompas Gramedia - All rights reserved

Privacy Policy - Term of Use - About Us - Contact