Welcome to KOMPAS GRAMEDIA Internet Lounge.

Your employee login is required to grant access to internal system.

INDONESIA YANG CERDAS

BULETIN INFO KITA - Mei 2017

DENDANG KENCANA 2017

Bermula dari keprihatinan, yang menjadi kepedulian, Kompas Gramedia ingin kembali menghidupkan sebuah program kegiatan untuk anak-anak dan guru pelajaran seni, lewat lagu. Namanya Dendang Kencana. 

Mulai dari lokakarya cipta lagu, lomba cipta lagu, lokakarya musik dan vokal, yang berujung pada lomba paduan suara anak, Dendang Kencana awalnya dahulu diadakan oleh Penerbit Grasindo di tahun 1990 bersama pengarang lagu anak, AT Mahmud. Karena besarnya animo, program ini diadakan kembali di tahun 1992 dan sejak tahun 1993 rutin tiap tahun hingga terakhir kali tahun 1996 bersama beberapa unit KG lainnya. Pada penyelenggaraan di tahun-tahun tersebut AT Mahmud langsung terjun sebagai narasumber ahli dan juri lomba. Karya-karyanya pun diperlombakan di sana, termasuk lagu tema “Dendang Kencana“ yang diciptakannya dalam rangka menyambut pelaksanaan kegiatan ini. 

Kini, dengan niat sepenuh hati, Dendang Kencana kembali diadakan oleh KG. Serangkaian acara mewarnai program nyanyi-menyanyi ini, dimulai dengan lokakarya Cipta Lagu Anak bagi guru sekolah formal di Jakarta pada 25–26 April di Bentara Budaya Jakarta yang diikuti oleh sekitar 30 guru TK dan SD. Lokakarya ini juga digelar di Solo (5–6 Mei), Jogja (8–9 Mei), dan Bali (15–16 Mei).

Saat membuka lokakarya di Jakarta, sekaligus meresmikan dimulainya rangkaian program Dendang Kencana 2017, Direktur Program Bentara Budaya Frans Sartono selaku Steering Committee Dendang Kencana 2017 menjelaskan bahwa lagu anak-anak pada masanya telah membawa kenangan indah dan berdampak positif bagi anak-anak yang sekarang sudah dewasa atau bahkan sudah mempunyai anak. “Indonesia butuh lagu anak-anak yang berkualitas tinggi sebagai sarana untuk mendidik dan memberi arahan positif bagi kehidupan anak-anak bangsa. Dendang Kencana 2017 kembali digerakkan oleh Kompas Gramedia agar para guru TK dan SD dapat menggali ilmu dari para narasumber, lalu sama-sama bergerak untuk menciptakan lagu-lagu bagi anak-anak dan akan kita bagikan, kita persembahkan bagi anak Indonesia,“ terang Frans Sartono. 

Setelah serangkaian lokakarya cipta lagu, agar menjadi ajang mengukir prestasi bagi para guru di seluruh daerah Indonesia, diadakanlah Lomba Cipta Lagu Anak-anak nanti di bulan Juni–Juli. Lagu-lagu hasil lomba ini akan digunakan sebagai materi lomba paduan suara anak-anak tingkat TK dan SD di akhir tahun 2017. Sebelum pelaksanaan lomba paduan suara, di Jakarta, Solo, Jogja, dan Bali akan diladakan pula serangkaian lokakarya Musik dan Vokal pada bulan Agustus dan September. Lokakarya ini dibuka agar para guru dapat dengan baik mempersiapkan anak didik sebagai peserta lomba paduan suara. 

Rangkaian kegiatan Dendang Kencana 2017 berakhir dengan penyelenggaraan Lomba Paduan Suara Anak Tingkat TK dan SD pada bulan Oktober dan November di Jakarta, Solo, Jogja, dan Bali. Bertindak sebagai narasumber ahli dalam program ini adalah Dian HP (produser, komposer, penata musik), Aning Katamsi (penyanyi, pengajar vokal), dan Caecilia Hardiarini (dosen musik Universitas Negeri Jakarta). (Tim Publikasi Dendang Kencana 2017)

PENGHARGAAN UNTUK Jakob Oetama

Satu lagi penghargaan bagi perintis Kompas Gramedia Jakob Oetama dianugerahkan, dari Paguyuban Alumni Publisistik dan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah...

#AkuBaca Gerakan Literasi Nusantara

Kegemaran membaca muncul karena pengaruh banyak faktor, mulai dari lingkungan, keluarga, sekolah, akses, dan lain-lain. Merayakan Hari Buku Nasional 2017...

Kompasiana "Inspiraksi", Temu Komunitas se-Indonesia

Indonesia Community Day (ICD) 2017 sukses digelar Sabtu, 13 Mei di Plaza Pasar Ngasem, Jogja, dalam kerja sama Kompasiana dengan Tribun Jogja. Kesempatan...

SEHAT DAN BUGAR SAAT BERPUASA

Bulan Ramadhan segera tiba, sudahkah kita mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut bulan suci ini?
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved