BANK INDONESIA RESMIKAN BI CORNER DI UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

Serpong, (21/2) – Pengenalan akan dunia perekonomian terutama peranan Bank Indonesia (BI) sebagai penjaga stabilitas perekonomian Indonesia belum banyak dipahami oleh masyarakat khususnya oleh mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia. Oleh sebab itu, BI terus berupaya untuk memperluas pengetahuan mahasiswa terkait ilmu-ilmu ekonomi terutama kebanksentralan. Salah satunya melalui pemberian fasilitas BI Corner di Perpustakan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Selasa (21/2).

Di tingkat universitas, BI Corner UMN merupakan aktivasi BI Corner ke-6 yang diresmikan pada tahun 2017. Dalam sambutannya, Dyah Wulandari selaku Asisten Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia mengungkapkan keberadaan BI Corner di UMN merupakan salah satu wujud kepedulian Bank Indonesia terhadap wawasan generasi muda Indoneesia terkait ekonomi, perbankan, dan khususnya terkait akan fungsi Bank Indonesia sebagai regulator perekonomian negara.

“Hingga saat ini, sudah ada 652 BI Corner di seluruh wilayah Indonesia. Dalam 3 tahun mendatang diharapkan sudah ada 1.000 BI Corner baik di seluruh lini pendidikan Indonesia, seperti pendidikan usia dini, usia menengah, hingga pendidikan tinggi. Semoga keberadaan BI Corner bermanfaat bagi pendidikan anakanak bangsa,“ kata Dyah.

BI Corner merupakan pojok baca yang diberikan BI melalui program Corporate Social Responsibilty bertajuk ‘Indonesia Cerdas’ yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat. BI Corner di UMN berisi buku-buku dan literatur bertema perekonomian, keuangan dan perbankan serta buku pengembangan diri yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti komputer dan televisi. Selain itu, melalui BI Corner mahasiswa UMN juga dapat langsung mengakses berbagai informasi secara online seputar isu, tugas, dan peran BI terkait perekonomian Indonesia.

Peresmian BI Corner ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Dyah Wulandari didampingi oleh Ninok Leksono selaku Rektor UMN. Selain peresmian, acara ini juga diisi dengan Talkshow bertema “Menepis Hoax Uang Rupiah“ yang dibawakan oleh Darmawan Tohap Hutabarat selaku Kepala Tim Penanggulangan Uang Palsu Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia.

Dalam seminar ini, Tohap mengupas tuntas berita-berita bohong yang beredar di masyarakat terkait penerbitan uang rupiah pada akhir 2016 lalu. Salah satunya adalah mengenai logo Bank Indonesia yang terlihat seperti symbol palu arit PKI.

“Dalam uang rupiah baru, ada 12 unsur pengaman yang berfungsi agar uang ini sulit dipalsukan. Namun ternyata, salah satu unsur pengaman, yaitu rectoverso malah menimbulkan persepsi bahwa logo BI terlihat seperti logo palu arit. Padahal keberadaan rectoverso sebagai unsur pengaman sudah digunakan sejak tahun 1993 dan desain rectoverso yang mirip dengan desain saat ini sudah pernah digunakan di tahun 2001 dan 2009. Selain itu, tidak hanya BI sendiri yang membuat rectoverso tetapi bersama juga dengan BIN, Kejaksaan, dan Kepolisian Indonesia yang tergabung dalam Botasupal (Badan Pemberantasan Uang Palsu),“ paparnya.

Untuk memaksimalkan penggunaan BI Corner, Orisa Mahardhini, selaku koordinator Perpustakaan UMN mengatakan akan mengadakan program seperti seperti talkshow, diskusi, debat, speech contest yang tentunya dikemas dengan tema-tema terkait perekonomian dan perbankan di BI Corner. Selain itu BI Corner di Perpustakaan UMN juga terbuka bagi program studi atau himpunan mahasiswa seperti Manajemen maupun Akuntansi jika ingin mengadakan acara sejenis.(*)

Tentang Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara berdiri sejak 2007 atas prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama, Perintis Kompas Gramedia. Sebagai universitas berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), UMN menawarkan 13 program studi yang mendapat sambutan baik dari masyarakat. UMN tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk siap menjadi profesional atau tenaga riset (akademisi), namun juga mendidik untuk siap menjadi enterpreneur di bidang teknologi melalui program inkubator bisnis Skystar Ventures. Skystar Ventures didirikan pada tahun 2013 dan pada tahun 2016 mendapatkan penghargaan sebagai inkubator bisnis terbaik kategori Pendampingan dan Pembinaan terhadap Tenant dari Kemenristekdikti.

www.umn.ac.id

Ramenya 17-an Bareng Motion Radio

Bekerjasama dengan TransJakarta kembali dihadirkan “Nomaden Music Shelter Selebrasi 17A-an“. Digelar di Shelter Sarinah, Jakarta, jam 07.00...

#AkuBaca: Investasi Masa Depan

Membaca ibaratnya sudah menjadi fitrah manusia. Kompas Gramedia mengajak setiap individu Tanah Air untuk menyadari pentingnya membaca.

Ode Bulan Agustus #3: Bernyanyi Untuk Negeri

Mengutip kata Direktur Program Bentara Budaya Frans Sartono program tahunan Ode Bulan Agustus adalah semacam tujuhbelasan ala Bentara Budaya. Ode, atau...

Ulang Tahun Radio Sonora ke-45

Menginjak usia ke-45 tahun Radio Sonora mengadakan acara syukuran sederhana di Gedung Perintis Lt 5 Jl Kebahagiaan No.4-14 Krukut, Jakarta Barat. Meski...

GM Baru Santika Premiere Slipi Jakarta

Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta memiliki wajah baru dengan sentuhan warna berbeda dengan resminya General Manager baru, Guido Andriano.

LINTINGAN KORAN DEKAT PERLINTASAN KERETA PALMERAH

Berawal dari ketertarikan pada benda sederhana terbuat dari limbah kertas koran, beberapa pemuda Indonesia yang berkuliah di Amerika Serikat berniat membantu...

Dendang Kencana 2017: Lagu Untuk Anakku

Lomba paduan suara tingkat TK dan SD “Dendang Kencana“ yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia sejak tahun 1990 hingga 1996 kembali diha...

Aku Indonesia

Memaknai Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan berbagai komunitas anak menggelar Pekan Kreativitas...

Liga Kompas Gramedia U14: Berangkat ke Gothia

Konsistensi KG untuk ikut serta dalam upaya pembinaan generasi muda Indonesia di bidang olahraga terus dibuktikan melalui penyelenggaraan kompetisi Liga...

Tere Liye di Gramedia Maluku City Mall

Hari Minggu 9 Juli novelis Tere Liye datang ke Kota Manise dalam roadshow perilisan novel terbaru dari seri trilogi Bumi yakni Bintang.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia