EKSPEDISI CITARUM MENDAPATKAN MEDALI EMAS DALAM AJANG ASIAN DIGITAL MEDIA AWARDS 2011

Penghargaan internasional itu sangat membanggakan karena Ekspedisi Citarum yang dilakukan KOMPAS pada bulan Maret-April 2011 itu , mengalahkan Dow Jones Publishing Company Hongkong yang meraih perak serta The Age dan Sydney Morning Herald yang meraih perunggu. Ekspedisi Citarum merupakan kerja bareng antara KOMPAS cetak, KOMPAS TV, KOMPAS.- COM dan Penerbit Buku KOMPAS. Kegiatan ini bisa dianggap sebagai contoh nyata kerja sama yang sinergis. Ini merupakan ekspedisi ke-12 yang dilakukan.

Liputan Ekspedisi Citarum ini sekaligus dimuat di KOMPAS cetak, KOMPAS. com, KOMPAS video on demand, dan diceritakan secara lengkap dalam buku “Ekspedisi Citarum - Sejuta Pesona dan Persoalan“ yang diterbitkan oleh Penerbit Buku KOMPAS. Guna mendorong interaktivitas dengan pembacanya, juga diselenggarakan kuis yang berkaitan dengan Citarum melalui Facebook. Asian Digital Media Awards merupakan ajang kompetisi tahunan yang digelar WAN-IFRA, asosiasi surat kabar dunia, di Asia. Untuk kategori serupa, Ekspedisi Musi tahun 2010 meraih medali perak dari WAN-IFRA. Sementara dunia internasional memberi penghargaan pada hasil ekspedisi ini, dari dalam justru dirasa belum sempurna. Paling tidak, itulah yang dilontarkan salah seorang anggota tim, Ronny Aryanto Nugroho. “Ekspedisi ini membuat saya belajar tentang pentingnya perencanaan yang matang, komunikasi, rasa saling percaya kepada tim, serta leadership yang baik, seperti ekspedisi-ekspedisi KOMPAS sebelumnya, termasuk yang pernah saya ikuti sendiri yaitu Ekspedisi Lintas Timur Barat 2005 dan Ekspedisi Susur Selatan Jawa 2009, yang saya banggakan.

Semoga ekspedisi KOMPAS selanjutnya kembali baik dan lebih baik lagi,“ papar Ronny. Namun, seluruh anggota Tim Ekspedisi Citarum telah bekerja keras dengan masing- masing talentanya dan itu merupakan kemampuan maksimal yang mereka persembahkan.

CEO Kompas Gramedia Agung Adipresetyo selalu berpesan, “Jadilah pemenang dan bukan pencundang. Karena pecundang adalah pengecut!“ Maka, seluruh anggota tim sudah berusaha sebisa mungkin untuk menjadi pemenang secara bersama-sama. Tim berpencar untuk melakukan liputan, tergantung dari tema masing-masing. Ekspedisi berakhir dengan menaiki speed boat di laut Jawa, hingga masuk ke muara Citarum. Pekerjaan liputan untuk ekspedisi relatif lancar, namun cuaca yang benar-benar tidak bisa diprediksi.
Pada awalnya, cuaca benar-benar terang dan bersahabat, tetapi tiba-tiba hujan deras mengguyur disertai angin kencang, yang cukup membuat nyali penumpang speed boat menciut dibarengi rasa tegang saat mengitari hulu Danau Cirata. Untuk sampai ke tujuan di jembatan Raja Mandala pun sulit terwujud karena dihadang hamparan eceng gendok yang seolah sengaja “dianyam“ dan menutupi seluruh badan sungai.

Beruntung pemilik perahu, yang sudah amat berpengalaman, bisa meloloskan perahu di antara hamparan eceng gondok, dibantu para penduduk setempat. Keadaan cuaca yang sama dialami ketika menelusuri sungai ke arah muara di laut Jawa. Terkadang perahu terpaksa berhenti untuk menunggu cuaca yang lebih baik. Meski mengalami keadaan cuaca yang berubah-ubah, kondisi fisik dan stamina dari semua personil selalu terjaga dengan baik sehingga semuanya tetap sehat dan bersemangat.

KIRIM BUKU & NgabubuREAD

Duduk santai lesehan sambil mengobrol akrab tentang pengalaman membaca menjadi konsep acara #AkuBaca NgabubuREAD, ajang ngabuburit kreatif pada bulan Ramadhan...

#mudiKGesit, MENGAWAL MUDIK LEBARAN 2017

Sesudah selama beberapa dasawarsa liputan pulang kampung Lebaran dilakukan sendiri-sendiri, tahun ini Harian KOMPAS, Kompas.com, KompasTV, dan Radio Sonora...

KOMPAS.com Raih Penghargaan Superbrands Award 2017

KOMPAS.com meraih penghargaan dalam kategori "online news" pada Superbrands Award 2017

GRAMEDIA SCIENCE DAY 2nd Science Olympic 2017

Gramedia bekerja sama dengan BCA kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan mengenal sains dengan cara menyenangkan dan kreatif, Gramedia Science Day.

BRITAMAXHAIDAY YOUTH EXPLORATION: #LIVEDREAMEXPLORE!

Muda, tidak mudah menyerah, senang mengeksplorasi. Tiga semangat itulah yang HAI ingin tularkan kepada teman-teman Indonesia melalui BritAmaXHaiDay pada...

DENDANG KENCANA 2017

KOMPAS GRAMEDIA berkeinginan untuk kembali menghidupkan DENDANG KENCANA, sebuah kegiatan kepedulian pada anak-anak dan guru, khususnya lewat lagu anak....

GRAMEDIA PRINTING SUARA PILKADA DKI 2017

Gramedia Printing menjadi penyedia pencetakan surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 putaran kedua.

BOBO.ID - Semangat Masa Kanak-kanak

Bertepatan dengan ulang tahun ke-44 Majalah Bobo meluncurkan sebuah “permainan“ baru yaitu BOBO.ID.

HUT ke-43 GPU: #Nyala43

Telah 43 tahun “nyala api“ Penerbit Gramedia Pustaka Utama menerangi cakrawala literatur bangsa Indonesia.

PENGHARGAAN LOPER KORAN TELADAN DI HUT KE-22 JASATAMA POLAMEDIA

HUT ke-22 Jasatama Polamedia yang jatuh pada 27 Maret dirayakan sederhana tapi tetap meriah di Kebun Raya Bogor pada Selasa, 28 Maret
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia