KOMPAS GRAMEDIA BANGUN READING CORNER KG DAN SUMBANG 2.000 BUKU UNTUK SMKN JAWA TENGAH

Kompas Gramedia (KG), melalui salah satu terapan program _Corporate Social Repsonsibility_ (CSR)-nya, memberi perhatian yang intens terhadap tumbuh kembang minat dan budaya baca di Indonesia.

Dilatarbelakangi oleh fakta masih rendahnya Indeks Membaca masyarakat Indonesia yang hanya 0,001 (dari 1000 penduduk, hanya 1 orang yang minat bacanya tinggi), KG menggulirkan program atau gerakan untuk mendorong penumbuhan minat dan budaya baca.

Di tahun 2016, KG antara lain mengadakan program Gemar Baca (Gerakan Masyarakat Membaca) yang bersinergi dengan berbagai volunter, lembaga maupun komunitas.
Program ini mewadahi dan memfasilitasi semangat berbagi bahan bacaan, baik dari sumbangsih KG maupun dari donasi eksternal perusahaan, kepada kelompok sasaran (beneficiaries) yang membutuhkan bantuan bahan bacaan, seperti Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan perpustakaan di sekolah yang ada di berbagai daerah.

Salah satu yang mendapatkan perhatian dari Kompas Gramedia melalui program CSR-nya adalah dua perpustakaan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jawa Tengah (SMKN Jateng).

Perpustakaan sekolah yang berlokasi di Kota Semarang dan Kabupaten Pati ini mendapat bantuan dari KG berupa fasilitas kegiatan membaca yakni 2 unit Reading Corner dan lebih dari 2.000 eksemplar buku bacaan penunjang pendidikan.

Setahun sebelumnya, dalam hajatan SMK Expo 2015 di Magelang, yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional dan Gubernur Jateng, KG juga telah mendonasikan ribuan buku untuk belasan SMK Negeri yang berada di wilayah Jateng, termasuk SMKN Jateng yang berada di Semarang dan Pati.

Kontribusi pembangunan Reading Corner KG dan donasi buku-buku untuk SMKN Jateng ini merupakan keberlanjutan program tersebut.
SMKN Jateng merupakan sekolah vokasi yang didirikan di bawah naungan langsung Pemerintah Provinsi Jateng.

Pendirian sekolah ini diprakarsai oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo atas dasar komitmen dan kepedulian untuk memberikan kesempatan bersekolah bagi anak-anak yang potensial namun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Fokus pendidikan di SMKN Jateng adalah peningkatan kompetensi peserta didik dalam hal keterampilan (skill) yang terbagi dalam 7 jurusan: Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Mekatronika, Teknik Otomasi Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Permesinan, Teknik Perbaikan Body Otomotif, dan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian.

Kompas Gramedia memberikan kontribusinya di SMKN Jateng karena melihat adanya keselarasan nilai dengan pihak sekolah, yakni untuk mencerahkan masyarakat melalui pendidikan dengan berlandaskan pada nilai humanisme dan nasionalisme. Ini sejalan dengan tagline KG, Enlightening People.

Acara peresmian dan serah terima Reading Corner KG dan donasi buku kepada SMKN Jateng diadakan pada hari Rabu, 14 Desember 2016, di lokasi sekolah.
Delegasi KG yang diwakili Direktur Corporate Human Resources Sigit Suryanto, GM Corporate Communications Saiful Bahri, serta beberapa pimpinan unit Kompas Gramedia yang tergabung dalam Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia wilayah Semarang, melakukan serah terima bantuan ini kepada Kepala Sekolah SMKN Jateng Sulistyo.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Balai Pengembangan Pendidikan dan Kejuruan, Reza Pahlevi, dan Kepala Bidang Pelayanan Hubungan Antar Lembaga Provinsi Jateng, Agus Rianto, yang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sumber :http://jateng.tribunnews.com/

Otobursa Tumplek Blek 2017 Tetap Digelar di Senayan

OTOBURSA Tumplek Blek 2017 kembali hadir di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, selama dua hari, Sabtu-Minggu, 1-2 April 2017.

Kompas Gramedia Raih Penghargaan Lifetime Achievement Award SPS 2017, serta IPMA, IYRA, dan ISPRIMA 2017

Malam Penghargaan Serikat Perusahaan (SPS) 2017 kembali digelar di Millenium Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (3/2/2017).

Dr (HC) Jakob Oetama (Kompas) dan Gusti Rusdi Effendi (Banjarmasin Post) Terima Lifetime Achievement Awards 2017

Dari grup Kompas Gramedia, ada nama Jakob Oetama. Kehadiran Jakob diwakili oleh Budiman Tanurejo. Lalu ada Pimpinan Umum Banjarmasin Pos, Gusti Rusdi ...

"Kampung Koran" Binaan Kompas Gramedia Hadir pada Ultah ICSRS

Kompas Gramedia menggelar sharing session dalam acara syukuran ulang tahun pertama Indonesia CSR Society (ICSRS) di Bentara Budaya

Gramedia: 47 Tahun Menginspirasi

47 tahun sudah Gramedia menjadi bagian dari perkembangan bangsa Indonesia. Gramedia sebagai salah satu perusahaan retail terbesar & tersebar di tanah air,...

Konstruksi Menara 3 UMN Masuk Tahap Tutup Atap

Karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi.

Sambut 2017, Kompas Gramedia Gelar Syukuran di Gedung Baru

Pada 2017, syukuran Kompas Gramedia bertema "Kreafit" dangan tagline "Spirit untuk Bangkit".

Rutin Gelar Acara Tahunan, Cara Kompas Gramedia Syukuri Hasil yang Telah Dicapai

"Syukuran ini memang kami lakukan tiap tahun, tidak lain tidak bukan untuk memperlihatkan bahwa kita harus selalu bersyukur dengan apa pun yang kita dapat,...

Kompasiana, Bukan Sekadar Ngeblog

PK Ojong. Pada tahun 2017, produk digital yang semula menyandang slogan “Sharing. Connecting“ ini mengusung slogan baru yaitu “Beyond...

"Kompas" Raih Penghargaan Pelopor Jurnalisme Humanisme Kebangsaan

Harian Kompas mendapat penghargaan sebagai media yang memelopori jurnalisme kategori humanisme kebangsaan.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia