NEW MEDIA TOWER JUARA I GEDUNG HEMAT ENERGI PEEN 2013


Diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, PEEN 2013 bertujuan untuk meningkatkan partisipasi para stakeholder dalam mensukseskan program-program pemerintah di bidang efisiensi dan konservasi energi dan meningkatkan kesadaran akan perlunya penerapan efisiensi dan konservasi energi dalam rangka peningkatan daya saing dan kualitas di sektor industri dan bangunan gedung.

Ajang ini juga diharapkan dapat menghasilkan model-model industri dan bangunan gedung yang hemat energi di Indonesia yang dapat dijadikan contoh dan dapat direplikasi. Keikutsertaan UMN dalam PEEN 2013 ialah dengan mengajukan New Media Tower, gedung dua belas lantai berkonsepkan eco-friendly yang diresmikan oleh Dr. (HC) Jakob Oetama pada tanggal 8 September 2012. Digunakan untuk kelas-kelas perkuliahan, student service, Kompas corner, accounting & tax centre, lecture theatre, lab dan galeri, kantin serta business incubator.

Awal mulanya, pengajuan untuk New Media Tower ke PEEN 2013 sempat mengalami kendala. Waktu itu juga menjelang pelaksanaan wisuda di UMN, tapi saya meyakinkan teman-teman tim untuk berani tampil di luar, jelas Sudarman Sutanto, Building Management Manager UMN.

Pak Darman mengatakan bahwa proses pembuatan proposal dilakukan selama tiga hari sejak Selasa (26/11) hingga Kamis (28/11), kemudian dipresentasikan di depan Pak Andrey Andoko selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan lalu dikirimkan ke Kementerian ESDM. Memang agak pesimis, karena persiapannya dadakan tapi kita mencoba tampil dengan yang terbaik sesuai dengan apa yang kita punya, tuturnya.

Ternyata usaha tersebut memberikan hasil yang tak terduga. Dalam Malam Penganugerahan PEEN 2013 di Ruang Sumba, Hotel Borobudur Jakarta, Jum'at (6/12), New Media Tower ditetapkan sebagai pemenang pertama dalam kategori Bangunan Gedung Hemat Energi, disusul oleh ITB di peringkat kedua. Penilaiannya dilihat dari tingkat pemakaian dan efisiensi listrik, inovasi apa yang kita pakai untuk mengurangi energi. New Media Tower sudah melakukannya semua seperti lobi dan kantin yang tanpa AC, koridor tanpa AC, itu sudah menjadi modal awal dari gedung kita, kata pak Darman.

Pak Andrey Andoko juga menambahkan bahwa penggunaan teknologi double skin, yang terbuat dari plat aluminium berlubang, memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk kedalam ruangan sehingga ruangan cukup dingin dan terang. "Alhasil, penggunaan pendingin udara bisa dikurangi sehingga bisa menghemat energi listrik. Seperti diketahui bahwa pendingin udara mengkonsumsi energi listrik terbesar pada setiap gedung. Lubang-lubang tersebut juga berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga koridor gedung tidak perlu menggunakan pendingin tetapi masih cukup nyaman. Sirkulasi udara dari lantai basement memanfaatkan perbedaan tekanan udara sehingga tidak menggunakan kipas listrik," jelas Beliau.

Selain memanfaatkan udara alami semaksimal mungkin, gedung ini juga memaksimalkan konservasi air dengan mendaur ulang air limbah untuk digunakan kembali dan menangkap air hujan sehingga tidak terbuang. "Dengan didukung oleh lingkungan yang teduh dan asri, kampus UMN berkomitmen untuk berkontribusi pada penghematan energi dan konservasi sumber daya alam yang terbatas, " ungkap Pak Andrey. Penghargaannya sendiri diberikan oleh Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo dan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana.

Sebagai pemenang, New Media Tower juga akan diikutsertakan dalam ASEAN Energy Award tahun 2014. ASEAN Energy Award merupakan kegiatan tahunan regional ASEAN yang diselenggarakan oleh ASEAN Center of Energy (ACE) dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di regional ASEAN.

Ramenya 17-an Bareng Motion Radio

Bekerjasama dengan TransJakarta kembali dihadirkan “Nomaden Music Shelter Selebrasi 17A-an“. Digelar di Shelter Sarinah, Jakarta, jam 07.00...

#AkuBaca: Investasi Masa Depan

Membaca ibaratnya sudah menjadi fitrah manusia. Kompas Gramedia mengajak setiap individu Tanah Air untuk menyadari pentingnya membaca.

Ode Bulan Agustus #3: Bernyanyi Untuk Negeri

Mengutip kata Direktur Program Bentara Budaya Frans Sartono program tahunan Ode Bulan Agustus adalah semacam tujuhbelasan ala Bentara Budaya. Ode, atau...

Ulang Tahun Radio Sonora ke-45

Menginjak usia ke-45 tahun Radio Sonora mengadakan acara syukuran sederhana di Gedung Perintis Lt 5 Jl Kebahagiaan No.4-14 Krukut, Jakarta Barat. Meski...

GM Baru Santika Premiere Slipi Jakarta

Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta memiliki wajah baru dengan sentuhan warna berbeda dengan resminya General Manager baru, Guido Andriano.

LINTINGAN KORAN DEKAT PERLINTASAN KERETA PALMERAH

Berawal dari ketertarikan pada benda sederhana terbuat dari limbah kertas koran, beberapa pemuda Indonesia yang berkuliah di Amerika Serikat berniat membantu...

Dendang Kencana 2017: Lagu Untuk Anakku

Lomba paduan suara tingkat TK dan SD “Dendang Kencana“ yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia sejak tahun 1990 hingga 1996 kembali diha...

Aku Indonesia

Memaknai Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan berbagai komunitas anak menggelar Pekan Kreativitas...

Liga Kompas Gramedia U14: Berangkat ke Gothia

Konsistensi KG untuk ikut serta dalam upaya pembinaan generasi muda Indonesia di bidang olahraga terus dibuktikan melalui penyelenggaraan kompetisi Liga...

Tere Liye di Gramedia Maluku City Mall

Hari Minggu 9 Juli novelis Tere Liye datang ke Kota Manise dalam roadshow perilisan novel terbaru dari seri trilogi Bumi yakni Bintang.
© 1963 - 2017  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia