Kampung Koran

Kampung Koran lahir sebagai salah satu terapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) Kompas Gramedia yang bermitra dengan komunitas Salam Rancage dan para warga yang bermukim di sekitar perkantoran pusat Kompas Gramedia di wilayah Palmerah Selatan, Jakarta. Ketiganya bergerak bersama dengan tujuan besar untuk meraih tiga keselarasan: finansial (financial), sosial (social) dan lingkungan (environment).

Warga Kampung Koran merintis berbagai perubahan positif di sekitarnya melalui medium kerajinan anyaman koran. Dimulai dari aktivitas menganyam kertas koran bekas menjadi kerajinan, warga mendapat stimulasi untuk aktif berkontribusi terhadap lingkungannya. Mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan kelompok hingga meluas ke lingkungan kampungnya.

Bank Sampah

Sebagai pengembangan dari Kampung Koran, Kompas Gramedia bersama Salam Rancage dan masyarakat juga mendirikan 3 Bank Sampah yang berlokasi di 3 kampung sekitar. Kehadiran Bank Sampah ini memberikan manfaat kepada warga masyarakat sekitar yakni manfaat ekonomi berupa tabungan nasabah, peningkatan modal sosial dalam bentuk kerjasama dan sosialisasi antar warga, serta perbaikan dan pelestarian lingkungan kampung.

Saat ini tak kurang dari 200 warga telah menjadi nasabah Bank Sampah Kampung Koran. Kontribusi mereka dalam pengurangan (reduce) sampah yang dibuang minimal sebanyak 1 ton setiap bulannya.
© 1963 - 2018  Kompas Gramedia - All rights reserved.
Website by PandavaMedia