panel-head.png

Bisnis KG

Retail & Publishing

Bersama 7 penerbit buku dan lebih dari 120 jaringan toko di seluruh Indonesia Kompas Gramedia menyediakan produk literasi bermutu dan sejumlah produk lainnya untuk mencerahkan kehidupan bangsa

  • Gramedia

    Toko Gramedia didirikan 2 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, dengan misi ikut serta mencerdaskan bangsa dengan menyebarluaskan pengetahuan plus informasi melalui usaha ritel dan distribusi buku, alat sekolah dan kantor, serta produk multimedia, ditandai dengan pelayanan unggul, manajemen proaktif, dan perilaku bisnis yang beretika. Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2 di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Toko Gramedia sampai dengan tahun 2018 telah berkembang lebih dari 100 toko di 46 kota di Indonesia dari Aceh hingga Papua. Setelah berusia 45 tahun, Toko Gramedia melakukan perubahan identitas merek yang memuat makna “Inovasi, Inisiatif, Inisiasi”. Gramedia bukan lagi sekadar tempat bertransaksi, melainkan pusat interaksi. Gramedia melayani manusia (people service), bukan hanya pelanggan (customer service). Gramedia mendorong transformasi ide masyarakat, ide untuk memulai imajinasi, ide yang menjadi inspirasi, dan ide menuju inovasi.

    Gramedia
  • Gramedia Pustaka Utama

    Sejak didirikan pada 1974, Penerbit Gramedia Pustaka Utama telah menjadi rumah bagi banyak buku dan penulis pemenang penghargaan selama lebih dari 40 tahun. Dengan fokus terbitan pada buku fiksi, nonfiksi, buku anak, dan buku masak, jumlah terbitan per tahun mencapai 1.500 judul, dan banyak di antaranya berhasil menjadi buku laris serta menerima penghargaan nasional dan internasional—termasuk dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Gourmand World Cookbook Awards, Liberaturpreis Germany, World Reader’s Award, dan nominasi Man Booker International Prize. Dengan lebih dari 30 ribu judul buku yang dimiliki saat ini serta jalinan kerja sama dengan lebih dari 200 penerbit asing terkemuka dari seluruh dunia, Gramedia Pustaka Utama telah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penerbit buku terbaik, yang berkomitmen menjadi agen perubahan di Indonesia: memilih dan memproduksi buku-buku yang berkualitas, yang memperluas wawasan, memberikan pencerahan, dan merangsang kreativitas berpikir, dengan dukungan teknologi.

    Gramedia Pustaka Utama
  • Elex Media Komputindo

    Sejak berdiri pada 15 Januari 1985 hingga 2018, Elex Media Komputindo telah menerbitkan lebih dari 20 ribu judul buku dengan total oplah ratusan juta eksemplar. Produk yang dihasilkan berupa buku, komik (manga), majalah komik, majalah IT, dan merchandise, baik terjemahan maupun karya pengarang lokal. Buku-buku yang diterbitkan menjadi buku laris seperti buku komik (manga), komik pendidikan, novel, komputer, humaniora, pengasuhan anak, buku anak berkarakter, sains populer, serta buku-buku manajemen, bisnis, motivasi, fengshui, dan oriental.

    Elex Media Komputindo
  • Kepustakaan Populer Gramedia

    Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) didirikan 1 Juni 1996, menerbitkan buku-buku sains dan humaniora baik lokal maupun terjemahan, dengan tujuan meningkatkan melek sains serta keterbukaan pikiran. Buku pertama KPG yang terbit pada 1996 ialah Politik Kerakyatan, cerita bergambar saduran Discorsi karya utama Niccolò Machiavelli. Kini KPG juga memosisikan diri sebagai penerbit konten.

    Kepustakaan Populer Gramedia
  • Bhuana Ilmu Populer

    Penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) didirikan pada 22 September 1992, dengan produk utama buku anak. Selain komik pendidikan, cerita anak, buku bergambar, dan buku aktivitas untuk mendukung pembelajaran dini balita dan bayi, BIP juga menerbitkan novel serta buku nonfiksi dalam berbagai tema, seperti kesehatan, bisnis, kepemimpinan, motivasi, pengembangan diri, dan buku suplemen pelajaran.

    Bhuana Ilmu Populer
  • Grasindo

    PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) didirikan pada 1990 sebagai bentuk partisipasi dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia, dengan menerbitkan beragam buku aktivitas untuk anak usia TK, buku teks sekolah untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, hingga buku teks perguruan tinggi. Dalam perjalanan waktu, Grasindo mengembangkan diri dengan menerbitkan buku umum, antara lain dari genre fiksi maupun nonfiksi.

    Grasindo
  • MnC! (M&C!)

    Penerbit M&C! Comics berdiri pada 1980-an dan hingga kini telah menerbitkan komik, buku anak, novel, dan buku nonfiksi hasil kerja sama berbagai penerbit di seluruh dunia. Pada 2013 M&C! Comics melakukan ekspansi bisnis dengan memproduksi merchandise yang berkaitan dengan karakter komik. Seiring perkembangan teknologi, M&C! Comics menyiapkan komik digital untuk pengembangan selanjutnya. Pada 2013 tercatat 150 judul komik digital sudah diluncurkan M&C! Comics.

    MnC! (M&C!)
  • PT Gramedia Edukasi Nusantara

    PT Gramedia Edukasi Nusantara merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan dan perdagangan yang menyediakan produk-produk berkualitas dalam menunjang pendidikan di Indonesia. Gramedia Edukasi berfokus pada penyediaan buku teks pendamping, buku teks peminatan, buku non teks, platform education technology, dan produk pendidikan lainnya. Gramedia Edukasi berkomitmen menjadi agen pembaruan dan terus bergerak dinamis untuk mencerahkan masyarakat dan bangsa.

    PT Gramedia Edukasi Nusantara
  • Globalintas Karya Utama

    Importir dan distributor untuk inovatif dan produk berorientasi pasar kreatif dari China, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.