panel-head.png

Ruang Media

Berita

PERINGKAT UMN SEBAGAI KAMPUS HIJAU Di DUNIA MENINGKAT

Universitas Multimedia Nusantara menjadi kampus swasta terhijau di Jakarta dalam penyelenggaraan UI Greenmetric 2020. Tahun ini, UMN meraih peringkat 199 dari 912 kampus di dunia setelah tahun lalu berada di peringkat 213. Pemeringkatan perguruan tinggi berbasis komitmen dalam pengelolaan lingkungan hidup pertama di dunia ini menjadi momen penting bagi UMN yang sejak awal berkomitmen terhadap kesadaran akan kepedulian pada lingkungan.

UI Greenmetric menjadi momentum bagi UMN untuk membuktikan bahwa komitmen UMN sejak awal dalam melestarikan lingkungan kini telah menjadi tren penting dunia. Hal ini dibuktikan dengan prestasi UMN yang telah mencapai peningkatan peringkat yang cukup tinggi. “UI Greenmetric menjadi bukti bahwa yang dilakukan UMN kemudian dihargai,” ungkap Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko.

Sejak awal, UMN telah berkomitmen dalam kontribusi melestarikan lingkungan dengan membangun energy saving building guna mencapai efisiensi energi dan lingkungan yang nyaman untuk setiap kegiatan. “Dari awal ketika membangun kampus, UMN mengusung konsep kampus yang hijau, ramah lingkungan, dan hemat energi. UMN bergabung dengan UI Greenmetric baru di 2016. Artinya, ini jauh sebelum UI Greenmetric diadakan,” lanjut Andrey.

UMN setiap tahun berusaha meningkatkan pencapaian UI Greenmetric sebagai bentuk komitmen dalam kontribusi melestarikan lingkungan. Penilaian UI Greenmetric terdiri dari tiga pilar utama, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial. “UMN unggul di bidang energi dan perubahan iklim, dan pengelolaan air; yang perlu ditingkatkan adalah pengelolaan sampah, pengelolaan transportasi, dan edukasi/riset,” ungkap Andrey.

Pencapaian UMN di UI Greenmetric 2020 patut diapresiasi dengan peringkat dunia yang naik. Jumlah peserta tahun ini mencapai 912 perguruan tinggi dari 84 negara di dunia dan UMN berada di urutan ke 199. Di Indonesia, terdapat 88 perguruan tinggi yang berpartisipasi dan UMN masuk 20 besar serta menjadi kampus swasta paling hijau di Jakarta. Untuk itu, 2021 UMN akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan UI Greenmetric untuk wilayah LLDIKTI III.

“UMN akan meningkatkan renewable energy, pengelolaan sampah yang lebih baik, dan memperbanyak riset-riset,” ungkap Andrey menjelaskan komitmen UMN dalam penyelenggaraan UI Greenmetric berikutnya.

Bagi UMN, UI Greenmetric merupakan inisiatif yang baik untuk mengajak perguruan tinggi di seluruh dunia berlomba-lomba menjadikan kampus hijau yang ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian universitas terhadap kelestarian lingkungan hidup. “UI Greenmetric sekaligus sejalan dengan komitmen UMN dalam berkontribusi melestarikan lingkungan dengan membangun kampus yang ramah lingkungan, yang hijau, yang teduh, dan yang hemat energi,” tutup Andrey. (Stephanus Novi – UMN News Service)